Selektif Memilih Tempat Pinjaman Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pengusaha, terkadang saya sangat memerlukan kehadiran bank dalam rangka mendapatkan pinjaman. Ya, untuk jumlah dana yang cukup besar, tentu bank menjadi tempat yang saya percaya untuk mendapatkan pinjaman. Meskipun begitu, tentu banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi, mulai dari proses pengajuan yang bisa memakan waktu sangat lama dari hitungan hari hingga minggu, dokumen-dokumen perusahaan yang diperlukan, survey lokasi usaha hingga agunan yang mesti saya jaminkan. Namun jika hanya memerlukan dana sedikit, kini saya bisa melakukannya dengan mudah melalui aplikasi.

Pinjaman Online TerbaikAplikasi pinjaman saat ini bisa dengan mudah kita temukan di Google Playstore, meskipun demikian selalu pastikan ya kamu hanya mendapatkannya melalui perusahaan yang kredibel. Banyak kok perusahaan-perusahaan yang kredibel di bidang ini, kamu hanya perlu lebih jeli dan jangan langsung tergiur dengan iming-iming manis. Intinya kamu harus membaca terms of service (TOS) atau syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum memutuskan untuk meminjam atau tidak. Dari sekian banyaknya aplikasi, saya kemudian memilih Maucash. Mengapa Maucash yang menjadi pilihan saya. Logika saya simple aja. Maucash merupakan unit bisnis yang dimiliki oleh anak usaha Astra International, salah satu perusahaan besar di Indonesia. Tentu ini salah satu fakta bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan bonafid.

Layanan pinjaman dana online memang cukup marak dilirik beberapa tahun terakhir ini. Hal ini lantaran syarat dan proses pengajuan pinjaman relatif lebih mudah dibandingkan dengan cara konvensional meminjam melalui bank. Berbeda dengan pinjaman melalui bank, pinjaman online tidak mensyaratkan BI checking dan kepemilikan kartu kredit saat mengajukan pinjaman. Selain itu juga pinjaman online jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan cara konvensional. Dimana hanya perlu waktu hitungan hari antara 1-3 hari, jika disetujui dana akan cair.

Meskipun banyak sekali situs online yang menawarkan pinjaman dana dengan syarat dan proses yang mudah, lagi-lagi seperti yang saya katakana tadi bahwa kamu harus bisa lebih selektif dan bijak dalam memilih. Karena tidak semua situs yang menawarkan pinjaman dana seperti yang kita kira. Ada beberapa yang memang memanfaatkan situasi untuk hal-hal yang tidak kita inginkan, misalnya bunga yang tak sesuai dengan kesepakatan awal. Hal ini tentu sebisa mungkin harus kita hindar. Maka dari itu, menurut pengalaman saya melakukan pinjaman dana cepat tanpa jaminan secara online di Maucash, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kamu, diantaranya yaitu:

  • Transparansi biaya.

Karena dilakukan secara online tanpa tatap muka secara langsung, maka pastikan segala sesuatunya dilakukan secara transparan, mulai dari proses, syarat, hingga biaya. Beberapa situs yang menawarkan pinjaman online memang ada beberapa yang sudah sangat transparan. Dimana di bagian homepage website mereka sudah menjelaskan secara rinci mengenai persyaratan, bunga, kapan jatuh tempo, dan biaya-biaya lain. Namun tidak sedikit juga yang belum mencantumkan hal ini, sehingga perlu kamu waspadai.

  • Kemudahan dalam persyaratan.

Umumnya layanan pinjaman online menawarkan syarat yang mudah dibandingkan dengan cara konvensional. Hal ini terutama untuk syarat dokumen yang lebih ringan dan tidak terlalu banyak, dimana cukup dengan melampirkan KTP, foto, dan beberapa tambahan lainnya. Meskipun syaratnya mudah, hindari layanan pinjaman dana online yang memamerkan syarat yang terlalu mudah sekali atau bahkan sulit sekali.

  • Kecepatan pencairan.

Proses pengajuan pinjaman online terbilang sangat cepat, dimana hanya memerlukan waktu dalam hitungan hari saja. Hal ini merupakan salah satu daya tarik pinjaman online bagi kebanyakan orang. Jika normalnya dana cair dalam hitungan beberapa hari, maka sebaiknya kamu patut waspada jika dana pinjaman dengan mudah cair dalam sehari saja.

  • Fleksibilitas pinjaman.

Saat melakukan pinjaman dana secara online, perhatikan fleksibilitas pinjamannya. Bandingkan antara situs online yang satu dengan situs online yang lainnya untuk mendapatkan layanan jasa keuangan online yang menawarkan fleksibilitas terbaik. Fleksibilitasnya yang diharapkan, seperti nominal pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, masa pinjaman yang fleksibel, serta tidak adanya denda jika melakukan pelunasan dipercepat, dll.

  • Jangkauan area pinjaman.

Beberapa perusahaan fintech atau layanan jasa keuangan online ada yang masih beroperasi di area Jabodetabek dan sekitarnya. Sehingga meskipun kamu tertarik mengajukan pinjaman online, kamu tentu belum bisa melakukannya jika berdomisili di luar coverage yang tinggal di luar Jakarta. kamu sebaiknya mencari layanan pinjaman terpercaya yang bisa menjangkau area domisili kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.